Memasarkan dan Mengembangkan Usaha Kuliner bagi Pengusaha Restoran

Description

Deskripsi Pelatihan
Pelatihan ini akan melatih peserta untuk menguasai kompetensi dalam memasarkan dan mengembangkan usaha kuliner. Peserta akan dilatih untuk memiliki pengetahuan, ketrampilan dan sikap dalam membuat strategi dan taktik pemasaran usaha kuliner serta bagaimana mengembangkan usaha dengan strategi ekspansi melalui kemitraan/waralaba, kerjasama operasi (joint venture) maupun penambahan outlet milik  sendiri.
Industri kuliner telah menjadi kontributor terbesar atau utama terhadap PDB ekonomi kreatif Indonesia yaitu sebesar 41 persen atau sebesar Rp410 triliun dan menyerap 8,8 juta tenaga kerja (berdasarkan data Badan Ekonomi Kreatif Indonesia). Angka ini menunjukkan besarnya peluang usaha bagi peserta pelatihan yang ingin mengembangkan usaha kuliner di Indonesia


Tujuan Umum: 
Peserta pelatihan memiliki kemampuan sebagai wirausaha restoran yang mampu membuat program untuk memasarkan dan mengembangkan usaha kuliner dengan baik sebanyak 2 kali

Tujuan Khusus:
- Peserta mengetahui Langkah-langkah dalam memasarkan dan mengembangkan
   usaha kuliner
- Peserta mengetahui dan mampu menganalisa lanskap industri kuliner
- Peserta mengetahui dan mampu menganalisa kelebihan, kekurangan, peluang dan
   ancaman di industri kuliner
- Peserta mengetahui dan mampu membuat strategi dan taktik pemasaran
- Peserta mengetahui dan mampu membuat strategi ekspansi untuk mengembangkan
   usaha kuliner


A. Pengetahuan
Kompetensi yang dinilai
   - Mengetahui langkah-langkah memasarkan dan mengembangkan usaha kuliner
   Materi yang diajarkan:
   1. Pengetahuan tentang langkah-langkah memasarkan dan mengembangkan usaha kuliner

B. Keterampilan
Kompetensi yang dinilai
   - Mampu menganalisa lanskap persaingan industri kuliner
   Materi yang diajarkan:
   1. Menganalisa industri usaha kuliner
   2. Menganalisa kekuatan, kelemahan, ancaman dan peluang (SWOT)

   - Mampu membuat strategi dan taktik pemasaran
   Materi yang diajarkan:
   1. Membuat strategi pemasaran STP (Segmentation, Targeting dan Positioning) dan taktik pemasaran: diferensiasi, bauran pemasaran dan promosi
   2. Membuat konten visual produk kuliner yang menarik untuk promosi di media online dan media sosial
       a. Penataan makanan
       b. Pemotretan makanan
       c. Contoh penataan dan pemotretan ayam bakar
   3. Strategi promosi di aplikasi penjualan seperti Gofood
   4. Cara meningkatkan penjualan

   - Mampu membuat strategi ekspansi untuk mengembangkan usaha kuliner
   Materi yang diajarkan:
   1. Melakukan ekspansi dengan strategi ghost kitchen (virtual store)
   2. Melakukan ekspansi dengan strategi outlet sendiri, joint venture atau franchise/kemitraan
   3. Melakukan ekspansi dengan strategi reseller

C. Sikap
Kompetensi yang dinilai:
   - Kemandirian
   Materi yang diajarkan:
   1. Wirausaha di bidang kuliner membutuhkan kemandirian dalam mengembangkan usahanya

   - Optimisme
   Materi yang diajarkan:
   1. Mengembangkan usaha kuliner membutuhkan optimisme dalam menghadapi tantangan dalam dunia bisnis

   - Inovatif
   Materi yang diajarkan:
   1. Untuk memenangkan persaingan, dibutuhkan jiwa dan ide yang inovatif

Cara Mendapatkan Sertifikat: 

- Mengikuti kelas pelatihan secara online sampai selesai.
- Menyelesaikan soal/tes akhir dengan nilai kelulusan minimal 60 untuk mendapatkan Sertifikat Kelulusan Kompetensi , jika nilai di bawah 60 akan mendapatkan Sertifikat Penyelesaian.
- Sertifikat dapat dilihat di bagian menu Certificate dan juga otomatis terkirim ke email setelah Anda menyelesaikan kursus dengan persentase penyelesaian 100 persen.

Catatan:

- Apabila peserta memiliki pertanyaan berkaitan materi kursus dan ingin konsultasi langsung, silakan mengikuti zoom di setiap Hari Rabu Jam 14.45-15.45

- Konsultasi zoom dilakukan di setiap minggu dan peserta bisa mengikuti berulang kali apabila masih ada pertanyaan yang ingin diajukan. Cek link zoom yang dikirimkan melalui email  setelah menyelesaikan pelatihan dan silakan bergabung.

- Sesi konsultasi ini bersifat tidak wajib.

Metode Ajar: LMS
Konseling: Rabu, 14.45 - 15.45 WIB bersama Willy Tandra

What will you learn
  • Mengetahui langkah-langkah mengembangkan usaha kuliner

  • Mampu menganalisa lanskap persaingan industri kuliner

  • Mampu membuat strategi dan taktik pemasaran

  • Mampu membuat strategi ekspansi untuk mengembangkan usaha kuliner


Requirements
  • Pendidikan minimal SMA
  • Memiliki telepon seluler atau gawai yang memiliki kuota data atau akses internet

About instructor

Name : Willy Tandra
Reviews : 0 Reviews
Kursus : 0 Kursus
Name : Peny Pujiati
Reviews : 0 Reviews
Kursus : 0 Kursus
Name : Sri Fajar Ayuningsih
Reviews : 0 Reviews
Kursus : 0 Kursus